Rabu, 22 Februari 2017

Tips Supaya Bunga Potong yang Anda Beli Tetap Segar dan Tahan Lama


Mendapatkan hadiah seikat bunga pastilah menyenangkan. Warna-warninya akan membuat suasana rumah Anda menyenangkan, dan harumnya akan membawa khayalan kita melayang ke kebun bunga yang cantik. Namun sayangnya, karangan bunga biasanya tak dapat bertahan lama. Dengan mencontoh beberpa tips simpel berikut ini, anda akan bisa memperpanjang umur bunga yang biasanya hanya beberapa hari menjadi berumur sampai 3 minggu.


1. Tes Kesegaran Bunga
Ketika Anda sedang memilih karangan bunga yang ingin dibeli, lihat bagian bawah kelopak untuk mengetahui berapa banyak kelopak yang sudah dibuang sebelumnya. Bunga yang segar, biasanya hanya mempunyai satu atau dua kelopak yang dibuang, dan semakin banyak kelopak yang dibuang, maka semakin cepat juga bunga tersebut akan layu.

2. Jangan letakkan bunga di dekat jendela
Walau akan tampak sangat menarik saat terkena sinar matahari, tapi sinar matahari ternyata akan mempercepat proses pelayuan dan bunga akan langsung layu dalam satu atau dua hari. Lebih baik anda meletakkan pot bunga di tempat yang sejuk.

3. Cucilah Vas Bunga Setiap Selesai Memakainya
Jangan letakkan bunga ke vas sebelum Anda mencuci vas bunganya. Kuman dan jamur dari kuntum bunga sebelumnya akan mempercepat proses pelayuan dan bunga baru Anda akan mati dalam waktu dekat. Untuk hasil yang terbaik, cuci vas bunga dengan alkohol atau zat pemutih.

4. Jangan Menaruh Buah Dekat Dengan Bunga
Meletakkan karangan bunga bersebelahan dengan mangkok penuh buah pasti akan terlihat lebih indah, namun sayangnya ini juga akan memperpendek umur hidup bunga-bunga Anda. Buah-buahan mengeluarkan gas yang disebut gas etilen, yang akan mempercepat proses pembusukan bunga.

5. Jauhkan Bunga Dari AC
Bunga senang dengan lingkungan yang lembab, dan AC akan mengeringkan udara, dan akibatnya memperpendek usia bunga Anda.

6. Ganti Air Secara Berkala
Air yang tergenang merupakan tempat berkembang biak kuman, jamur, dan alga. Semua mahluk itu bisa mempercepat proses pembusukan. Dengan mengganti air di dalam vas setiap hari, Anda akan memperpanjang umur bunga. Dan jangan lupa, air yang dipakai jangan yang terlalu dingin, cukup dengan air hangat saja.

7. Buang Daun
Sebaiknya Anda memotong tiap daun yang menyentuh air dengan menggunakan pisau. Karena jika tidak, daun tersebut akan mengakibatkan tumbuhnya kuman atau jamur.

8. Jangan Memakai Gunting
Hindari memotong batang dengan gunting. Lebih baik menggunakan pisau tajam tanpa tepi yang bergerigi. Dengan pisau memungkinkan kita akan mendapat hasil potongan diagonal, tanpa harus melukai batang, dan sebaiknya potonglah batang tiap 3 - 4 hari.

9. Jangan Ubah Bentuk Bunga Anda
Hindari mematahkan, membengkokkan atau merusak bagian batang. Batang sangat penting untuk menyalurkan nutrisi pada bunga. Jika bunga Anda rusak, lebih baik langsung membuangnya dari vas.

Sekian yang bisa saya berikan, semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar